Sunday, August 31, 2008

Pedalangan

Pedalangan

PAKEM DAN LAKON PEWAYANGAN


Lakon-lakon pewayangan itu adalah bagian pokok dari pada pergelaran seni pedalangan, baik untuk waktu semalam suntuk maupun untuk 4 jam atau mungkin hanya waktu 2 jam, namun lakon tersebut kedudukannya tetap, ialah merupakan pokok dari pada pergelaran seni pedalangan.

Membicarakan tentang lakon-lakon pewayangan, disengaja atau tidak disengaja, tentulah menyangkut apa yang disebut “pakem” yang dalam bahasa Jawa berarti: pathokan, paugeran atau wewaton.

Semua itu merupakan “pedoman” yang tak dapat diabaikan sama sekali. Yang disebut pakem itu meliputi 2 macam hal yang dalam pergelaran terpadu menjadi satu kesatuan, ialah : (1). Pakem tentang lakon; dan (2). Pakem yang mengenai tehnik perkeliran.

Pada waktu dipergelarkan dalam perkeliran dua pakem itu satu sama lain saling isi-mengisi dan jalin-menjalin, sehingga dapat mendatangkan suatu proses ceritera yang mengandung keindahan serta pendidikan yang tinggi.

LAKON-LAKON PEWAYANGAN

Lakon-lakon pewayangan yang begitu banyak dipergelarkan dewasa ini, pada hakekatnya dapat dibagi menjadi 4 bagian, ialah: 1. Lakon wayang yang disebut pakem; 2. Lakon wayang yang disebut carangan; 3. Lakon wayang yang disebut gubahan; 4. Lakon wayang yang disebut karangan.

Perinciannya sebagai berikut :

1. Lakon pakem : yang disebut lakon-lakon pakem itu sebagian besar ceriteranya mengambil dari sumber-sumber ceritera dari perpustakaan wayang, misalnya : lakon Bale Sigala-gala, pandawa dadu, baratayuda, rama gandrung, subali lena, anoman duta, brubuh ngalengka dll.

2. Lakon carangan : yang disebut carangan itu hanya garis pokoknya saja yang bersumber pada perpustakaan wayang, diberi tambahan atau bumbu-bumbu berupa carangan (carang Jw = dahan), seperti lakon-lakon : babad alas mertani, partakrama, aji narantaka, abimanyu lahir dll.

3. Lakon gubahan : yang disebut gubahan itu ialah lakon yang tidak bersumber pada buku-buku ceritera wayang, tetapi hanya menggunakan nama dan negara-negara dari tokoh-tokoh yang termuat dalam buku-buku ceritera wayang, misalnya lakon-lakon: irawan Bagna, gambiranom, dewa amral, dewa katong dsb.

4. Lakon karangan : yang disebut lakon karangan itu ialah suatu lakon yang sama sekali lepas dari ceritera wayang yang terdapat dalam buku-buku sumber ceritera wayang, misalnya lakon-lakon : praja binangun, linggarjati, dsb. Dalam lakon praja binangun tersebut diketengahkan nama tokoh-tokoh wayang seperti : ratadahana (Jendral Spoor), Kala Miyara (Meiyer), Dewi Saptawulan (Juliana), Bumiandap (Nederland) dsb.

Perlu pula diketahui bahwa lakon-lakon wayang yang disebut carangan, gubahan dan karangan itu, banyak juga lakon yang merupakan kiasan, misalnya : Lakon babad alas mertani mengandung kias assimilasi (perkawinan) falsafah Hindu dan Jawa. Demikian pula lakon-lakon seperti : pandawa Pitu, Pandawa Sanga, senggana racut dsb itu berisi kias dan maksud mengenai ilmu kebatinan (baca: kejawen).

SUMBER CERITERA WAYANG

Untuk mengetahui sesuatu lakon wayang itu apakah pakem atau bukan, tidaklah mudah, apabila orang tidak mengenal dan memahami sumber ceritera wayang.

Adapun sumber ceritera wayang itu ada 2 macam, ialah :

1. Sumber-sumber ceritera wayang yang berupa buku-buku, misalnya : Maha Bharata, Ramayana, Pustaka Raja Purwa, Purwakanda dll.

2. Sumber-sumber ceritera wayang yang semula berasal dari lakon carangan atau gubahan yang telah lama disukai oleh masyarakat. Sumber-sumber ceritera ini disebut “pakem purwa-carita” yang kini sudah banyak juga yang dibukukan, misalnya lakon-lakon: Abimanyu kerem, doraweca, Suryatmaja maling dlsb.

Perlu diketahui pula bahwa dalam hal sumber-sumber ceritera wayang inipun, seringkali terdapat cemooh-mencemooh satu sama lain. Asa yang beranggapan, bahwa hanya “serat pustaka raja” itu sajalah yang benar. Ada lagi yang berpendapat, bahwa hanya ‘serat purwakanda” itu saja yang benar dlsb. Anggapan-anggapan dan pendapat-pendapat yang demikian itu disebabkan oleh pengaruh adopsi ceritera wayang itu telah lama dan mendalam, sehingga menimbulkan keyakinan bahwa ceritera wayang yang dimuat dalam buku sumber ceritera wayang tersebut benar-benar ada dan terjadi dinegara kita ini. Padahal kalau ditilik dari sejarahnya, induk/sumber ceritera wayang itu, baik ramayana maupum maha bharata, kedua-duanya itu merupakan weda (kitab suci) agama hindu yang kelima, yang disebut panca weda. Kedua kitab tersebut memuat pelajaran weda yang disusun berujud ceritera.

Serat ramayana diciptakan oleh resi walmiki menceriterakan pelaksanaan karya Awatara Rama untuk mensejahterakan dunia. Serat Maha Bharata diciptakan oleh Resi Wyasa, menceriterakan pelaksanaan karya Awatara Krisna juga untuk mensejahterakan dunia.

SERAT PURWAKANDA

Mungkin diantara para pembaca ada yang baru sekali ini mendengar adanya “purwakanda”, sebab buku “purwakanda” itu sampai sekarang belum pernah dicetak serta beredar dalam masyarakat seperti “Pustaka raja purwa” dll.

“purwakanda” itu adalah salah satu sumber ceritera wayang di Yogyakarta yang memuat kisah sejak bathara guru menerima kekuasaan dari sanghyang tunggal sampai dengan bertahtanya R. Yudayana sebagai Raja di negeri Ngastina. Buku tersebut berbentuk tembang dan yang ada mungkin hanya di Yogyakarta saja, baik dalam karaton maupun diluarnya. Menurut kata orang yang mengetahui, ‘serat purwakanda” tersebut dihimpun atas perintah almarhum Sri Sultan Hamengkubuwono V

Penghimpunan dan penyusunan Serat Purwakanda ini kira-kira bersamaan waktunya dengan almarhum R.Ng.Ronggowarsita di SOLO,yang juga menghimpun dan menyusun Serat Pustaka Raja Purwasita yang terkenal itu. Serat purwakanda tesebut oleh sebagian dalang-dalang di Yogyakarta, terutama dalang-dalang dari keraton Yogyakarta dijadikan sumber lakon-lakon wayang dalam perkelirannya,sedangkan di Solo adalah Serat Raja Purwasito.

PAKEM TEHNIK PERKELIRAN

Pakem tehnik perkeliran atau wewaton tehnik perkeliran itu setiap daerah atau setiap gaya tentu ada dan sudah barang tentu tidak dapat diabaikan sama sekali. Hal itu erat sekali hubungannya dengan perasaan indah yang hidup di masing-masing daerah. Misalnya perkeliran gaya sala berbeda dengan gaya yogya. Berbeda pula dengan gaya banyumas, tegal, jawa timur, dll. Mungkin hal ini pula sangkut-pautnya dengan falsafah hidup dalam masyarakat itu sendiri-sendiri.

Maka dari itu uraian tentang pakem atau wewaton tehnik perkeliran, pada kesempatan ini kami batasi dengan hanya mengemukakan wewaton tehnik perkeliran menurut seni pedalangan gaya Yogyakarta.

Pergelaran seni pedalangan gaya Yogyakarta yang diperkelirkan semalam suntuk itu, pada dasarnya terbagi dalam 3 bagian yang besar, ialah:

1. Permulaan pergelaran dengan “pathet lasem” yang sering juga disebut “pathet nem”.

2. Lalu disusul dengan “pathet sanga” ; dan

3. Kemudian dengan “pathet manura” , yang pada akhir pathet mayura ini disebut “galong” (pada waktu fajar menyingsing).

WEWATON-WEWATON PADA TIAP-TIAP BAGIAN (PATHET)

Pertama : Dalam “pathet lasem” harus ada dua jejeran (adegan) dan dua peparangan yang diiringi dengan gending-gending pathet lasem. Jejeran pertama diiringi gending karawitan. Jejeran kedua gending iringannya tidak ditentukan, sehingga Ki dalang bebas memilih gending apa yang dipakai sebagai iringan, tetapi haruslah gending-gending “pathet nem”.

Kiranya perlu diketahui pula, bahwa adegan “Gupitmandragini” (kedatonan) dan adegan paseban-njawi adalah rangkaian dari pada jejeran.

Dua adegan perang dalam bagian permulaan disebut ‘perang ampyak” dan “perang simpangan”. Perang ampyak menggambarkan rampongan meratakan jalan, dipergelarkan pada akhir jejeran pertama. Sedangkan perang simpangan ialah peperangan setelah jejeran yang kedua.

Apabila pada jejeran pertama ada tamu, yang kemudian berperang, perang ini disebut “perang kembang”. Kalau ada perang kembang, perang ampyak harus ditiadakan. Jadi dalam pathet lasem tetap hanya ada dua macam perang.

Kemudian pada akhir pathet lasem ada jejeran lagi ialah jejeran yang ketiga. Jejeran yang ketiga ini diiringi gending-gending pathet lasem yang yang bersifat peralihan. Misalnya gending “bondet” atau gending-gending lain yang “ber-gong jangga dan lima”. Sebab setelah gending suwuk, Ki dalang harus lagon pathet sanga. Jejeran yang ketiga ini disusul dengan adegan perang yang disebut “perang gagal”.

Mulai dari perang kembang sampai dengan perang gagal itu, menurut wewaton tidak diperbolehkan ada peranan yang mati. Disamping itu dalam pathet lasem juga tidak diperbolehkan adanya “gladangan” (adegan yang tidak diiringi gending).

Kedua : Dalam “pathet sanga”, setelah suwuk gending peralihan, bagian pertama (pathet lasem) telah selesai, maka pergelaran menginjak bagian yang kedua ialah “pathet sanga”. Dan perang gagal itu kemudian disambung dengan “gara-gara”.

Dalam pathet sanga ini harus ada dua jejeran dan dua adegan perang yang diiringi dengan gending pathet sanga, kemudian gending pathet sanga yang bersifat peralihan ke pathet manyura. Kedua jejeran tersebut yang pertama : merupakan jejeran yang keempat dari pada pergelaran seluruhnya, sedang jejeran yang kedua: yang diiringi dengan gending pathet sanga peralihan merupakan jejeran yang kelima. Adapun gending-gending pathet sanga peralihan ialah gending “renyep” dlsb yang ber-“gong jangga”.

Jejeran keempat tersebut diperkelirkan setelah gara-gara dengan iringan gending yang tidak ditentukan. Ki dalang bebas memilih gending untuk mengiringi adegan ini. Adapun dua adegan perang dalam pathet sanga itu ialah “perang gagal” seperti tersebut diatas dan “perang begal” yang dipergelarkan setelah jejeran yang keempat. Di dalam pergelkaran perang begal ini baru boleh ada yang mati. Dan setelah perang begal ini Ki dalang boleh mempergelarkan adegan dengan “gladagan”. Setelah perang begal, lalu disambung dengan jejeran yang kelima seperti tersebut diatas.

Ketiga : dalam “pethet mayura” ada dua jejeran dan tiga adegan perang ialah jejeran yang keenam dan ketujuh serta adegan perang yang kelima, keenam dan ketujuh dari pergelaran keseluruhannya. Ketiga adegan perang tersebut disebut “perang tanggung”, “perang tandang” dan “perang ageng”. Perang tanggung itu dipergelarkan setelah jejeran yang kelima. Jadi perang ini merupakan awalan dari pathet mayura. Sedangkan perang yang keenam ialah perang tandang, dipergelarkan setelah jejeran yang keenam. Adapun perang yang ketujuh dan terakhir, yang disebut perang ageng itu, dipergelarkan pada akhiran pathet mayura yang disebut “galong”.

Jadi wewaton tehnik perkeliran seni pendalangan semalam suntuk gaya Yogyakarta itu pada dasarnya terbagi menjadi 3 bagian yang ada pergelarannya terdiri dari 7 jejeran dan 7 adegan perang.

MAKNA DARI KIASANNYA

Pada hakekatnya wewaton tehnik pakeliran seni pedalangan yang demikian itu, tidak hanya sekedar membuat wewaton, akan tetapi wewaton tersebut mengandung arti yang lebih dalam lagi yaitu merupakan kias atau saloka yang mengandung mitologi jawa yang luhur itu adapun keterangannya demikian dasar terbagi tiga itu, mengandung maksud “triwikrama” yang artinya melangkah tiga kali : purwa, madya dan wasana/metu, manten, mati. Triwikrama mengandung pengertian kehidupan manusia di dunia, yang mengalami 3 masa : masa kanak-kanak, masa dewasa dan masa tua lalu kemudian wafat mitos tersebut mayakini benar-benar bahwa yang disebut mati itu sebenarnya hanya peristiwa berpisahnya badan halus dan kasar/raga dan sukma - jasmani dan rohani (roh) dalam mitos tersebut yang berfaham hindu surga itu ada 9 tingkatan untuk itu pagelaran seni pedalangan sering terdengar kata-kata “swarga tunda sanga” sedangkan surga tingkat kesembilan disebut “mokswa”

Sukma dari orang yang meninggal apabila dalam keadaan suci, pertama-tama masuk ke dalam surga tingkat pertama, untuk melanjutkan ke tingkat surga kedua sukma tersebut harus mengalami lahir lagi di dunia dan harus ditingkatkan lagi kesuciaannya dari pada wadah hidup yang pertama, dalam istilah Jawa disebut “ Tumimba Lahir “ / Reincaratie .

Dalam paham ini manusia tentu mempunyai keinginan untuk mencapai surga ke tingkat kesembilan yang disebut Muksa tadi, untuk diperlukan “ Tumimba Lahir “ sampai tujuh kali lagi. ( dalam sumber buku pewayangan sering kita jumpai kata-kata “ Manjanmo Kaping Pitu “ demikianlah wewaton jejeran tujuh kali dan adegan perang tujuh kali menurut pegelaran seni pedalaman gaya Yogyakarta merupakan perlambang Tumimba Lahir tujuh kali, untuk mendaptkan kesuciaan yang sempurna lalu muksa.


http://karatonsurakarta.com/pedalangan.html

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...